Feb 24, 2016

Sembilan Tahun Berlalu


Ayah dan Mama

24.02.2007 - 24.02. 2016
Sembilan tahun. Waktu yang cukup lama tanpa ayah di sisiku.
Masih terbersit kenangan masa kecil bersama ayah. Aku anak terkecil, biasa disebut 'Si Bontot'. Keluarga kami amatlah besar. Dari rahim mamaku lahir 9 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki (sebagai penengah). Anak pertama meninggal dalam usia balita karena sakit. Dan anak kedua meninggal tahun lalu setelah perjuangan panjang melawan penyakitnya.

Lampung 2009. Sebagian kecil dari keluarga besar

Sejak kecil aku memang agak tomboy, mungkin karena ayah dan mama masih ada keinginan punya anak laki-laki lagi. Tapi yang nongol malah perempuan cantik dan imut :p

Dulu aku suka ga betah kalo disuruh pakai rok atau 'baju perempuan'. Ga bebas aja rasanya. Potongan rambut juga minimalis. Baru sekitar kelas 4 SD, rambutku panjang. Sebelum-sebelumnya selalu ikut potong rambut di tukang cukur langganan ayah yang suka datang ke rumah. Modelnya? yaaa dibikin pendek aja pokoknya.

Jadi aku memang dekat sama ayah. Suka ikut kemana-mana. Bantuin ini-itu. Main di kebon. Nyari jamur-jamur di kayu, terus kita bikin pepes. Enak banget ya, Yah?

Ayah lagi bikin kolam ikan. 

Ayahku orangnya ga bisa diam. Tangannya trampil banget. Aku sering dibikinin mainan dari kayu/bambu/barang bekas. Tapi ya mainan cowok kebanyakan. Semacam pistol-pistolan, mobil-mobilan, sampe dibikinin layangan raksasa yang bisa bunyi itu lho. Ayah menyebutnya layangan koang-koangan. Ayah jago banget bikin layangan ini. Bikinnya dari bambu dan kertas minyak. Atasnya dipasang semacam busur yang terbuat dari pita. Saat diterbangkan dan ditiup angin, busur ini akan bunyi. Seru banget deh. Mainnya di atas genteng! Hahahaha. Kurang laki apa coba =))

Seperti ini bentuk layang-layangnya.
Sumber: karyaservice.blogspot.com

Waktu SD ada pelajaran olah raga. Saat itu materinya tentang permainan kasti. Ayahku dengan berbaik hati bikinin tongkat pemukulnya. Dan satu sekolah cuma aku aja yang punya. *bangga*. Akhirnya dihibahkan juga buat aset sekolah. Mau dibawa pulang juga bingung mau main dimana. Bisa-bisa kaca rumah tetangga pada pecah semua kena sambit.

Saat aku SMP, aku masuk ke dalam tim inti basket sekolah. Ayah rajin beliin bola basket. Mulai dari yang harganya 20 ribuan (yang kalo di-drible suka lari-lari ga jelas) sampai bola basket semi-pro yang biasa dipakai untuk pertandingan. Halaman rumah juga disulap jadi tempat latihan basket. Minimalis tapi berguna banget. Mulai dari tiang dan papan pantulnya semua ayah yang bikin, handmade. Cuma beli ring besinya aja. Tiap sore aku bisa main basket di halaman rumah sampe capek. Senenggggg banget!

Setiap 17-an, di rumah suka bikin lomba. Pesertanya keluarga aja. Karena buanyakkkk banget! Ayah pernah bikin egrang dan bakiak buat kita lomba. Seru deh. Terus ayah suka nyanyi-nyanyi bahasa jepang gitu sambil ketawa-ketawa. Kangen, Yah!

Juragan kambing sumringah pas Idul Adha :p

Sekarang aku cuma tinggal berdua mama di rumah. Sepi sih. Kalau masih ada ayah, mungkin jadi agak rame ya di rumah. Aku kangen mijitin ayah. Kangen bikinin ayah mie rebus (yang wajib banget ditambah kecap dan cuka). Kangen sholat diimamin ayah. Kangen semuanya. Pasti ayah sudah enak di rumah yang baru. Mudah-mudahan kita semua bisa kumpul lagi ya, Ayah. Teriring doa untuk ayah di sana. Love you :*




0 comments: